Sabtu, 08 April 2017

Ilustrasi SHAPING
Dalam membuat karya desain, tentunya yang kita harapkan proses menggambar bentuk yang bisa lebih cepat namun hasilnya juga bagus kan ? Bagi yang sudah mahir dalam mengoperasikan CorelDraw mungkin bukan merupakan sebuah kendala yang berarti ketika ingin membuat sebuah bentuk desain sesuai dengan apa yang diinginkan. Bagi kalangan pemula yang sedang belajar, tidak sedikit terbesit pertanyaan-pertanyaan tentang sebenarnya bagaimana Trik atau Tool apa yang digunakan untuk menggambar berbagai macam bentuk, apa semua dilakukan manual dari tepian objek, atau ada Tool Khusus. Nah... pertanyaan ini akan terjawab pada artikel kali ini. Ayo Sobat Desain.. kita mulai aja.

Kali ini saya akan menjelaskan Fungsi dari Shaping Tool : Weld, Trim, Intersect, Simplify, Front Minus Back, Back Minus Front dan tombol Creates a New Object that Sorrounds the Selected Object yang muncul pada Property Bar
Tombol Shaping
1. Weld.
Berfungsi untuk menggabungkan 2 atau lebih objek menjadi 1 objek, dengan tepian objek / Outline yang menyatu (tidak muncul garis perpotongan antar objek)
Gambar 1
Cara menggunakannya adalah dengan menyeleksi objek pertama dengan Pick Tool, lalu Tekan dan tahan SHIFT kemudian klik objek kedua. Klik Weld pada Property Bar.

2. Trim
Berfungsi untuk memotong satu objek dengan menggunakan objek yang lain. Objek yang dipilih pertama menjadi eksekutor terhadap objek kedua. Dalam fungsi Trim eskekusi yang dilakukan adalah perintah pemotongan objek.
Gambar 2 (Klik Untuk Memperbesar)
Cara menggunakannya adalah dengan menyeleksi objek pertama dengan Pick Tool, lalu Tekan dan tahan SHIFT kemudian klik objek kedua. Klik Trim pada Property Bar.

3. Intersect
Berfungsi untuk memotong sebuah objek, dengan menghasilkan objek baru berupa hasil potongan Objek, tanpa merubah bentuk objek yang dipotong tersebut.
Gambar 3 (Klik Untuk Memperbesar)
4. Simplify
Fungsi Fitur ini hampir sama dengan fungsi trim, perbedaannya adalah pada opsi Simplify terjadi pemotongan objek secara berantai, objek paling bawah (objek pertama) dipotong oleh objek diatasnya (kedua), objek kedua terpotong oleh objek diatasnya lagi (ketiga) dst.
Gambar 4 (Klik Untuk Memperbesar)
Cara menggunakannya, seleksi seluruh objek lalu tekan Simplify pada Property Bar

5. Front Minus Back
Berfungsi untuk memotong area objek & menghilangkan salah satu objek. Objek yang dipilih / di klik pertama akan terpotong oleh objek yang dipilih terakhir & juga objek terakhir akan hilang. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah.
Gambar 5 
6. Back Minus Front
Fitur ini merupakan kebalikan dari Front Minus Back, dimana yang akan terpotong adalah objek yang dipilih terakhir dan objek pertama akan hilang.
Gambar 6
7. Creates a new object  that surrounds the selected objects
Dari kalimatnya saja sudah bisa ditebak, yang artinya Membuat objek baru yang mengelilingi objek terpilih. Fasilitas ini berfungsi menghasilkan objek baru berupa garis luar / outline membentuk persis seperti sisi luar objek-objek yang terseleksi. Seleksi seluruh objek, lalu klik tombolnya yang muncul pada Property Bar.
Gambar 7
Itulah penjelasan mengenai Fungsi-fungsi Tool Shaping dalam CorelDraw, semoga menambah pengetahuan khususnya bagi pemula dan menjadi motivasi untuk terus semangat belajar desain grafis, karena sebenarnya jika mengetahui caranya, sesuatu hal yang sulit itu terasa mudah. Selamat Belajar.

Salam Desainer...


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Tutorial Desain Grafis -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -